Rabu, 28 Januari 2009

Bekerja Dengan Motivasi

Eyang Thomas Alfa Edison bilang "hidup ini cukup dengan 1 ide dan 99-nya harus kerja keras". Berarti, dunia ini tidak butuh banyak orang pintar tapi butuh sebanyak-banyaknya orang yang ulet, tekun, istiqomah, iya kan ??. Kalau demikian kitalah orangnya, ya kita…, kita yang sedang baca tulisan inilah orang sukses itu. Percaya??. Percaya tidak percaya kita harus percaya. Sebab kita tidak boleh kalah sebelum berperang, tidak boleh memberi judul TIDAK BISA, TIDAK TAHU pada diri kita. Karena kalaupun kita bisa, kita tahu, ketika kita gagal untuk yang pertama kalinya kita akan melegalkan statmen kita untuk mengklaim diri kita sebagai pegagal sejati, padahal gagal itu sekses yang tertunda dan sukses itu tinggal menunggu waktu.

Lalu bagaimana?????

Hiduplah sesuai petunjuk dan buku panduan (baca: Qur'an dan Hadits). Pak Bustami (dosen pengampu ekonomi dan statistik) mengibaratkan hidup ini seperti membeli handphone, setiap HP baru itu selalu ada buku petunjuk untuk menggunakannya. Kalau kita tidak ikut aturan atau dengan iseng merendam HP itu sebagai eksperimen untuk membuatnya tampak kinclong dengan mencucinya seperti pakaian, maka….bisa jadi HP itu rusak dan dirawat di rumah bedah phone. Begitupun kita manusia, kita hidup sudah ada petunjuk, pedoman, bahkan teladan, ya teladan yang bekerja dengan ikhtiar dan tetesan keringatnya, dialah Muhammad SAW, yang sudah memulai ekspedisi dagangnya pada usia 12 tahun. Yang menjadi delegasi dagang yang sukses dan pemuda yang meminang Siti Khadijah dengan 20 ekor unta muda.

Dialah teladan kita, bukan karena sihir atau kekuatan gaib yang bias mengsukseskannya, tapi karena kerja keras, ketekunan dan keteguhannyalah yang membuatnya menjadi pemuda, pemuda yang tidak akan menyesal ketika berjumpa denagn Rabb-nya, karena " tidak akan bergerak kedua kaki anak Adam pada hari kiamat dari Rabb-nya, hingga ia ditanya tentang lima perkara: tentang usianya, untuk apa ia habiskan; tentang masa mudanya , untuk apa ia gunakan; tentang hartanya, darimana ia peroleh dan untuk apa ia belanjakan; tentang ilmunya, apa yang telah ia perbuat dengannya". (H.R. Tirmidzi).

Tapiiii….Beliaukan Nabi, Rasul, kite ni sapeeeelah?????

Stop…stop…Mario teguh katakan Tuhan tidak pernah menakdirkan kita menjadi pemalas, miskin dan bodoh. Allah tidak menciptakan Fulan bin Fulan itu dengan sifat-sifat negative, tapi Allah menciptakan dengan sebaik-baik penciptaa, dibekali hati dan akal pikiran, dan Allah berfiman "carilah karunia Allah sebanyak-banyaknya"(Q.S.Jumu'ah:10),"Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sebelum kaum itu merubah dirinya" (Q.S.Ar-Ra'd:1),Allah juga berfirman " Apabila Kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan yang lain).(Q.S. Alamnasyirah:7), karena Allah berfirman " barang siapa yang beramal sebesar atom pun niscaya dia akan melihat balasannya".(Q.S.Al-Zalzalah: 7).

Jadi…..hidup itu harus dengan motivasi, karena hidup ditentukan oleh semangat dan cara berpikir….kalau berpikir berpikirlah yang luas, kalau bermimpi-, mimpilah yang terindah kalau bercita-cita, bercita-citalah setinggi mungkin, kalau bekerja- bekerjalah dengan tekun (Mario Teguh)

2 komentar:

  1. alhamdulillah inila yang kita cari didalam hidup...untuk hidup di akhirat kita harus istiqomah..selalu ....

    BalasHapus
  2. teruslah menulis sekarang gue kasih motivasi..he..he..

    BalasHapus